seLamaT daTanG

sebuah cerita untuk diceritakan

Tuesday, May 31, 2011

Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan

Alhamdulilah, perjuangan selama 3 minggu terakhir ini untuk menghabiskan serial Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan telah berakhir. Dan yang pastinya, perjuangan panjang tersebut tidak sia-sia kerana tersimpan seribu satu hikmah pelajaran yang dapat diambil seputar permasalahan kehidupan. InsyAllah, sama-sama kita dapat mengambil hikmah yang terbaik untuk kita jadikan panutan di hari muka. Berikut saya sampaikan sinopsis Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan yang mana merupakan lanjutan dari novel dan filem yang fenomenal iaitu Ketika Cinta Bertasbih 1&2 karya Habiburrahman El Shirazy beserta pemain pendukung Sinetron tersebut.


Sinetron yang disutradarai Chaerul Umam ini menyajikan tontonan yang penuh konflik internal yang akan memberikan pelajaran hidup bagi pemirsa di rumah selama bulan Ramadhan.
Kisahnya dimulai dari seting Pesantren Daarul Quran yang terletak di Desa Wagen, yang merupakan pesantren terbesar di Jawa Tengah bagian selatan. Pesantren itu diasuh ulama karismatik Kyai Luthfi Hakim.
Ustaz Azzam & Ustazah Anna
Suatu waktu, Kyai Luthfi harus menunaikan nadzarnya untuk tinggal di samping Masjid Haram selama enam bulan lamanya. Sepulang dari Saudi Arabia, beliau memberikan amanah kepada menantunya Azzam (Kholidi Asadil Alam) dan putrinya Anna Althafunissa (Oki Setiana Dewi) untuk mengasuh pesantren.
Di awal mengasuh pesantren, Azzam dan Anna menghadapi masalah tidak dari luar dan dari orang lain, justru dari diri mereka berdua sendiri. Sudah tujuh bulan menikah, Anna belum juga mendapat tanda-tanda akan memiliki anak. Hasil pemeriksaan medis memvonis Anna mengidap Endometriosis, suatu penyakit yang dikenal menjadi salah satu penyebab kemandulan. Anna menjadi sangat cemas kalau Azzam menikah lagi, karena dia sangat kecil kemungkinannya bisa memberikan keturunan untuk Azzam. Anna yang biasanya panjang berpikir menjadi sangat sensitif.


Dalam suasana seperti itu pesantren dititipi seorang remaja putri pecandu narkoba bernama Aprilia, putrid sepasang konglomerat. Aprilia diterima setelah Azzam dan Anna mengadakan musyawarat dengan pengurus pesantren, walaupun awalnya Azzam enggan untuk menerimanya.



Keberadaan Aprilia benar-benar membuat kekacauan di pesantren. Kelakuannya yang tidak mengenal sopan-santun sangat mengganggu ketenangan pesantren. Bahkan rumah tangga Azzam dan Anna nyaris terancam pecah karena ulah Aprilia.



Ustaz Ilyas & Ustazah Qanitah

Anna yang sensitif langsung dibakar cemburu. Anna semakin merasa tidak bisa memaafkan Azzam ketika Aprilia menjelaskan kalau dirinya memang diperdaya oleh Azzam, karena Azzam ingin mendapatkan anak dari Aprilia akibat dari penyakit yang diderita Anna. Anna kehilangan kepercayaan kepada Azzam, karena penyakit tersebut adalah rahasianya dengan Azzam.



Keadaan semakin kritis ketika Eliana dan pamannya datang meminta Azzam mencarikan tempat yang cocok untuk syuting video klip. Azzam membantu Eliana mencarikan tempat dengan membawa Eliana ke salah sisi terindah dari pinggir Waduk Cengklik, Colomadu, Solo. Itu adalah tempat yang sangat romantis yang sepi, yang biasa menjadi tempat beristirahat Azzam dan Anna. Anna semakin dibakar rasa cemburu. Bahkan Anna sempat menganggap bahwa Azzam lebih buruk dari Furqan suami terdahulunya.



Keadaan pesantren semakin diuji ketika salah seorang santri dicabut dari pesantren oleh orangtuanya, sehingga hal itu menciptakan sejarah buruk bagi Pesantren Daarul Quràn. Karena sejak pesantren didirikan sampai saat itu belum pernah ada wali santri yang menarik anaknya karena tidak sepakat dengan kebijakan pesantren apalagi tidak percaya kepada pesantren.

Demikianlah sinopsis yang dapat digambarkan secara ringkasnya. Jika ingin mengetahui kelanjutan sinetron tersebut, jangan lupa menontonnya. Semoga dengan adanya tayangan seperti ini dapat memberi gambaran bahwa Islam itu mudah dan indah. InsyAllah sama-sama kita doakan agar segala sesuatunya dipermudahkan olehNya.

No comments:

Post a Comment